Komunitas ASEAN, Impian dan Kebersamaan

Komunitas ASEAN, Impian dan Kebersamaan

ASEAN,komunitas ASEANMungkin judul diatas, sudah tepat menggambarkan apa saja 3 point penting yang ingin saya share pada kesempatan kali ini. Yah, berbicara mengenai ASEAN mungkin semua kalangan sudah mengenal apa itu ASEAN, tapi banyak diantara kita yang jarang dan bahkan belum mengenal secara mendalam mengenai apa itu ASEAN dan Komunitas ASEAN. Berkaca pada sejarah, ASEAN merupakan sebuah wadah persatuan negara – negara di kawasan Asia Tenggara yang pada tahun 2011 lalu bertambah satu negara menjadi 10 negara dengan bergabungnya Timor Leste.

ASEAN terbentuk dengan alasan para anggota ASEAN ini merasa negara serumpun, serasa, dan sependeritaan, serta keinginan untuk memajukan dan memberi kemudahan bagi kegiatan perekonomian, sosial budaya serta ingin mewujudkan perdamaian melalui politik-keamanan di daerah Asia Tenggara. Nah, untuk mewadahi dan lebih meningkatkan kerjasama dalam berbagai bidang diatas yang sudah beberapa puluh tahun berjalan maka pada tahun 1997 muncul gagasan untuk membentuk Komunitas ASEAN. Dan akhirnya dikukuhkan di Bali, Indonesia pada KTT ASEAN ke-9 tahun 2003. Jadi dapat diartikan bahwa komunitas ASEAN ini dibentuk dengan tujuan untuk lebih memperat integrasi masyarakat ASEAN dan untuk serta menyesuaikan cara pandang keterbukaan dalam menyikapi perkembangan dunia.

Nah, ketika saya mengikuti seminar dari Kemenlu dan elemen blogger di daerah jawa timur beberapa waktu lalu mengenai “Pemasyarakatan ASEAN melalui Roadshow ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013” saya mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu baru yang tentunya jarang di dapatkan dari para pakar – pakar dalam bidangnya masing-masing.

Curhatan saya diatas sejalan dengan bahasan yang kedua yakni Impian, karena kali ini saya ingin sedikit share mengenai ilmu yang saya dapatkan ketika mengikuti seminar tersebut. Jadi, di komunitas ASEAN ini semua negara anggota ASEAN memiliki satu garis besar tujuan, yakni kemajuan dalam segala bidang di asia tenggara. Nah untuk itu kita sebagai netizen, ataupun blogger juga dapat memberikan sumbangsihnya dalam hal membantu integrasi ASEAN ini. Kita sebagai mitra wicara dapat melakukan upaya – upaya seperti, Kampanye anti Human Trafficking, Promosi Desain Produk Indonesia, Kampanye Anti Narkoba atau bahkan Kampanye mengenai Lingkungan Hidup.

Kita sebagai blogger bertugas menjembatani komunikasi stakeholder yang ada dalam ASEAN sehingga Impian semua anggota Komunitas ASEAN beserta penduduknya ini dapat tercipta dengan lancar dan sesuai dengan visi misi. Karena kita sebagai Pemuda Indonesia punya andil besar terhadap apa yang kita lakukan kedepannya terhadap bangsa ini.

Nah, ini yang terakhir mengenai Kebersamaan. Pada poin ini tentunya sudah tertebak apa tujuan saya mengikuti perlombaan ini. Yap, rasa kebersamaan dari seluruh blogger ASEAN yang nantinya akan berkumpul di Solo pada 9 – 11 Mei 2013 untuk bersama mensukseskan Komunitas ASEAN serta untuk mensinergikan semua komunitas blogger di kawasan Asia Tenggara untuk bertindak bersama bergandengan satu jalan yakni memajukan kawasan Asia Tenggara dengan caranya masing – masing. Alasan itu lah yang membuat saya tidak ingin ketinggalan momen besar seperti ini. Karena, saya sudah sangat kecewa ketika saya tidak dapat hadir pada saat acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara di Sidoarjo karena sesuatu hal, nah pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba keberuntungan saya untuk meraih momen besar ini. Untuk dapat hadir bersama, rembuk, sharing informasi dengan seluruh blogger ASEAN di Solo nantinya, semoga.

Support by Tikcerdas.org

2 komentar:

  1. salam kenal mampir balik ya
    http://andre-tkj.blogspot.com

    salam kenal mampir balik ya
    http://andre-tkj.blogspot.com

    salam kenal mampir balik ya
    http://andre-tkj.blogspot.com

    BalasHapus